Laporan Keuangan Perusahaan Asuransi Sesuaikan PSAK 74 Terbaru

Indonesia Golden Insurance Company Winner 2022

LAPORAN keuangan perusahaan asuransi mengalami perubahan. Penyesuaian tersebut dilakukan menurut acuan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) terbaru. Adapun acuan detailnya adalah PSAK 74 yang mengatrur tentang kontrak asuransi. Dan, penyesuaian sistem laporan keuangan versi terbaru siap diadopsi secara penuh oleh No.1 The Most Trusted Insurance 2022 Asuransi Rama. Sebab, Asuransi Rama sejauh ini selalu taat azas dan regulasi yang berlaku.

PSAK 74 terus mengalami perubahan. Merespon sistem PSAK 74 terbaru, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun akhirnya menggandeng Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Sebab, implementasi PSAK 74 memiliki dampak vital terhadap sistem laporan keuangan industri asuransi. Nantinya, akan dikembangkan konsep intensifikasi working group baik pada tataran industri sekaligus regulatornya. Lebih lanjut perlu dilakukan kajian komprehensif terkait core system yang sudah dibangun industrinya.

Lebih lanjut, PSAK 74 sejatinya diturunkan dari International Financial Reporting Standard (IFRS) 17: Insurance Contract. Regulasi tersebut sudah diterbitkan sejak 2017 dan akan berlaku efektif mulai Januari 2023. Sepanjang rentang tahun tersebut, beragam kajian pun terus dilakukan. Pada 2018, kajian dilakukan terhadap permintaan tanggapan hingga diskusi implementasi PSAK 74. Lalu, PSAK 74 resmi disahkan pada November 2020.

No.1 The Most Trusted Insurance 2022

Penetapan regulasi baru tersebut, PSAK 74: Kontrak Asuransi memperbolehkan penerapan diri mulai berlaku 1 Januari 2025. Ada juga amandemen PSAK 74 yang disetuji 17 Desember 2021 terkait penerapan awal PSAK tersebut. Adapun selisih 2 tahun terkait implementasi PSAK 74 tersebut perlu dikaji ulang terkait dampak yang ditimbulkannya terhadap laporan keuangan industrinya. Terlebih lagi, dengan implementasi PSAK 74 membuat penjualan premi tidak bisa diakui sebagai pendapatan seluruh.

Artinya, hanya margin atau profit saja yang secara actuarial dihitung sebagai pendapatan. Terlepas dari berbagai wacana yang berkembang, Asuransi Rama hakikatnya siap menjalankan semua regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah melalui OJK tersebut. Asuransi Rama bahkan bertekad untuk meningkatkan pelayanan terbaiknya kepada konsumen. Tujuannya agar fitur proteksi atas risiko yang ditawarkan menjadi efektif. Berbagai persoalan yang dihadapi konsumen bisa teratasi tuntas dan cepat.

Untuk mengeliminir tingkat kerugian akibat risikonya, sistem proteksi terbaik harus diaplikasikan oleh masyarakat. Khusus Asuransi Rama, ada beragam fitur terbaik yang bisa diapliaksikan sebagai faktor pengalih risiko. Menurunkan angka pembiayaan karena risiko tersebut sehingga beragam impact negatif bawaan insiden kecelakaan bisa ditanggulangi secara tuntas dan cepat. Menjawab kebutuhan secara menyeluruh, beragam formulasi terbaik terus dihadirkan oleh Asuransi Rama.

Indonesia Golden Insurance Company Winner 2022

Memiliki tagline Mudah, Cepat, dan Terpercaya, pengalaman Asuransi Rama di dunia asuransi memang matang. Apalagi, Asuransi Rama sudah mengembangkan sistem pengurusan polis secara digital. Memanfaatkan teknologi sehingga semua dilakukan online. Hemat waktu dan pembiayaan. Berdiri sejak Agustus 1978, Asuransi Rama sudah menerbitkan 1,6 Juta polis. Menggunakan E-Polis, rasio akurasi pencairan klaimnya sempurna 99,6%. Artinya, tidak ada status gagal bayar.

Asuransi Rama selama ini selalu memebrikan pelayanan prima melalu beragam fitur terbaiknya. Sangat membantu masyarakat Indonesia dan menjadi solusi atas risiko yang muncul. Adapun fitur-fiturnya adalah Asuransi Kendaraan Bermotor, Rekayasa, Kecelakaan Diri, dan Tanggung Gugat. Ada juga fitur Asuransi Pengangkutan, Harta Benda, Suretyship, hingga Asuransi Lainnya. Menjawab kepercayaan penuh masyarakat Indonesia, beragam kemudahan atas pelayanan juga diberikan oleh Asuransi Rama.

Memudahkan layanan bagi konsumen, sedikitnya 800 bengkel resmi pun disiapkan. Saat risiko muncul, masyarakat bisa mengakses bengkel terdekat dengan TKP (tempat kejadian perkara). Asuransi Rama juga dihadirkan melalui Kantor Cabang dan Kantor Pemasaran pada 13 kota di Indonesia. Untuk Kantor Pemasarannya berada di Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Malang. Hadir juga di Medan, Pekanbaru, Palembang, Batam, dan Makassar.

No.1 Indonesia Best Performing Award 2022

Turut serta dalam membangun masyarakat Indonesia, ada beragam penghargaan yang sudah diterima oleh Asuransi Rama. Dalam beberapa bulan terakhir saja, Asuransi Rama mendapatkan 4 penghargaan. Ada Best Performing Insurance Company Winner 2022, Jumat (8/7). Asuransi Rama juga sebelumnya menerima Best Choice in Insurance Award 2022, Jumat (24/6). Datang juga pujian #1 Indonesia Trusted Award 2022, Jumat (10/6). Kategorinya adalah No.1 The Most Trusted Insurance 2022. Penghargaan lainnya adalah Indonesia Golden Award 2022, Jumat (17/6).

Untuk informasi lebih detail bisa ditanyakan langsung kepada Asuransi Rama melalui nomor telepon (+62) 81929302456 atau (+6221) 50100947/946. Bisa juga datang ke AXA TOWER 29th Floor, Suite #07, dengan alamat di Jl. Prof. DR. Satrio Kav. 18, Kuningan Jakarta Selatan, Jakarta. Alternatif Kantor Cabang Asuransi Rama lainnya ada di Mall Artha Gading Lt.3, 3F/A.5/002, Jl. Artha Gading Selatan No.1, RT.18/RW.8, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Namun, ingat, tetap patuhi protokol kesehatan agar ancaman kasus Covid-19 tidak membesar dan menyebar. (*)